2008-06-26

Sejaran Teknologi Pendidikan

Mengenal lebih dekat Jurusan TP

Sebelum bernama Jurusan Teknologi Pendidikan (TP), Jurusan ini beberapa kali mengalami perubahan nama dan status. Di penghujung tahun 1980-an, program Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS), secara nasional dinyatakan phased out (tidak diperkenankan menerima mahasiswa baru) dengan sejumlah alas an yang cukup rasioal. Dalam masa vakum kurang lebih delapan tahun (tahun 1996) muncul ide membuka program studi baru yakni Teknologi Pendidikan. Latar belakang dibukanya program studi TP (sebagai perubahan dari PLS), yakni : 1)

tenaga pengajar yang memiliki kualifikasi megister/S2 dan doctor/S3 bidang TP di STKIP Singaraja cukup memadai dan dipandang andal untuk mengajarkan bidang studi-bidang studi pokok atau mata kuliah dasar keahlian dan mata kuliah keahlian I dan II; 2) Tenaga-tenaga kependidikan guru dan non-guru yang memiliki kualifikasi TP di jajaran Depdikbud (kini Dinas Pendidikan Propinsi Bali), NTB, NTT sangat langka, sedangkan kebutuhan akan tenaga-tenaga tersebut untuk menciptakan dan memproduksi media pendidikan guna memperlancar pembelajaran di sekolah sangat mendesak. Saat itu terdapat 64 SMA/SMK Negeri dan SMP Negeri; dan 3) di kawasan Timur, termasuk Bali, NTB ,NTT belum ada lembaga pendidikan yang memilih/mengasuh program studi TP..


Atas dasar ketiga alas an tersebut, ketua STKIP Singaraja, Prof. Dr. I Gede Widja mengajukan permohonan untuk dibukanya Program Studi TP “penyetaraan” kepada Dirbinsarak Depdikbud dengan surat permohonan nomor 701/L.04/H/PP/1996 bulan Pebruari 1996 dan terhitung September 1996 PS-TP membuka dua kelas di Singaraja dan di Denpasar.

Untuk menata kembali organisasi dan administrasi IKIP Negeri Singaraja, maka tahun 2000 dibuat kembali surat keputusan dari pemerintah (Diknas) tentang perubahan nama Program Studi menjadi Jurusan. Dan keputusan Presiden dengan nomor 19 tahun 2001 tentang berubahnya status STKIP Negeri Singaraja menjadi IKIP Negeri Singaraja.

Pada tahun 2005, jurusan TP meraih tingkat akriditasi B yang diberikan oleh BAN untuk pertama kalinya. Untuk pengembangan jurusan TP dibiayai dari dana DIPA dan hibah lain yang diperoleh secara kompetitif dari pusat, seperti Dikti, pengabdian Pada Masyarakat, dan Program SP4 Jurusan. Bantuan ini cukup Signifikan bagi pengembangan SDM dosen dan peningkatan sarana/prasarana laboratorium dan perpustakaan Jurusan TP

Kirim Pesan ya

3 comments:

Astaga.com lifestyle on the net mengatakan...

mantap sah artikelnya

unik kontent atau copy paste bos

nada mengatakan...

bos guru sejarah ya bos
mantab nih
menguasai bener

cheers
http://telecomandinternet.com

nada mengatakan...

ato dosen kaliya

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Sering sering tulis komentar anda !!! akan sangat membantu bagi kemajuan TANPATINTA
Gunakan Nama/URL masukan nama dan URL anda